Rabu, 30 Maret 2016

Materi TIK Kelas 9 Tentang Email dan Mailing List

Penjelasan Mengenai Email dan Alamat Email

BAB Email dan Mailing List TIK Kelas 9
Logo Yahoo dan Gmail

Apa itu email ? Email adalah surat elektronis yang menggunakan internet. Contoh aplikasi berbasis desktop yang digunakan untuk mengakses email yakni Outlook Ekpress dan Eudora. Lalu contoh situs yang melayani jasa email berbasis web adalah www.yahoo.com dan www.gmail.com ke dua situs tersebut umum sekali digunakan di masyarakat.
Alamat email terdiri atas Id email, tanda @ dan Domain dari email tersebut. Id terdiri atas huruf, angka, titik, dan garis bawah (underline). Nama ID dilarang diawali dan diakhiri dengan tanda baca. Domain email merupakan nama situs yang menyediakan jasa email tersebut secara gratis ( ditulis tanpa awalan www) BIla anda ingin menggunakan domain sendiri anda cukup membeli domain tersebut, lalu dapat dibuatkan email dengan menggunakan applikasi yang disediakan google.

Menggunakan Layanan Email

Berikut adalah cara cara dalam menggunakan layanan email

- Cara mendaftar ke server email

  1. Buka browser anda (Chrome, Mozilla,dll)
  2. Ketik alamat situs penyedia jasa email ( Gmail.com atau Yahoo.com ) pada address bar lalu enter
  3. Klik link sign Up atau daftar
  4. Isi identitas anda pada formulir yang disediakan
  5. Klik tombol I Agree atau Create my Accounts
  6. Lalu Klik Tombol Continue
  7. Email sudah Bisa digunakan

- Bagaimana Cara Masuk ke Server Email ?

  1. Buka Browser (Chrome, mozilla, dll)
  2. Ketik Alamat situs penyedia jasa email (yahoo ataupun Gmail) pada address bar lalu enter
  3. Klik link Sign in atau Masuk
  4. Isi Id email, password, dan kode keamanan (Captcha) pada textbox yang disediakan
  5. Klik tombol sign in atau masuk
  6. Klik mail

- Bagaimana Cara Keluar dari server email ?

Caranya yakni klik link Sign Out atau Keluar pada halaman Web.

- Cara Membuat dan Mengirim email 

  1. Masuk ke server email lalu menuju layanan Email
  2. Klik Compose.
  3. Isi Formulir email yang sudah disediakan
  4. Klik Send atau kirim

- Cara Membuka dan Membaca email Masuk

  1. Klik Chek Mail / Inbox
  2. Klik judul email yang masuk (terkdang di tandai dengan icon)
  3. Baca isi email tersebut

- Cara membalas Email

  1. Buka email yang akan dibalas
  2. Klik TOmbol Reply
  3. Isi Formulir email yang sudah disediakan
  4. lalu Klik send atau kirim

- Cara Melampirkan sebuah file ke email

  1. Pada saat mengisi formulir email klik tombol Attach files.
  2. Klik tombol browse
  3. Pilih file yang akan dilampirkan (file gambar, file document, dan file lainya,) Ukuran file terkadang terbatas
  4. Klik tombol attach files.
  5. Klik tombol Countinue to message.

- Cara Mengunduh Lampiran file di Email

  1. Buka Email yang lampirannya akan diunduh.
  2. Klik nama file yang akan diunduh pada Atachment
  3. Klik tombol Download Attachment
  4. Klik tombol save
  5. Pilih folder yang digunakan untuk menyimpan file lampiran tersebut
  6. Klik tombol Save.

- Cara Menghapus Email

  1. Masuk ke folder email yang akan dihapus
  2. Beri tanda centang email yang akan dihapus
  3. Klik Del , atau Icon tong sampah
Bagaimana dengan cara cara tersebut mudah sekali bukan ? , tentunya cara tersebut sesuai dengan kurikulum, mengirim email sekarang jauh lebih mudah dan terkadang jasa penyedia pengiriman email tersebut lebih berkembang dan mudah digunakan.

Berbagai Istilah yang Ada pada penggunaan Email

  1. Sign Up : yaitu mendaftar sebagai pengguna layanan email suatu server email
  2. Sign In : Masuk ke server email
  3. Sign Out : Keluar dari server email
  4. Compose atau Create : Membuat Email baru
  5. Check mail : memeriksa email yang masuk
  6. Attachment : Lampiran email berupa file
  7. Reply : Membalas email ke pengirim
  8. Forward : Meneruskan email ke alamat email orang lain
  9. Send : Mengirim Email
  10. Delete : Menghapus Email
  11. Mark As Spam : Menandai pengirim surat atau surat masuk tersebut sebagai spam.
  12. Cc / Carbon Copy : Daftar penerima surat dimana masing masing penerima menerima daftar penerima surat
  13. Bcc / Clind carbon copy : daftar penerma surat di mana masing masing penerima tidak menerima daftar penerima surat.
  14. Inbox : Folder yang berisi email masuk, dan email baru / lama
  15. Outbox : Folder yang berisi email yang dikirim keluar
  16. Sent : Folder yang berisi email yang terkirim ke luar
  17. Draft : Folder yang berisi karangan email berbentuk draft, (draft masih bisa di edit lagi, sebelum dikrim)
  18. Download Attachment : Menyimpan lampiran ke komputer lokal

Penjelasan Milis dan Alamat Milis 

Apa itu mailing list ? tik


Milis atau mailing list atau groups adalah fasilitas di Internet untuk mendistribusikan email ke pengguna yang menjadi anggota milis. Milis berisi sebuah daftar alamat alamat email para anggotanya. Syarat mendaftar milis adalah memiliki alamat email. 
Alamat milis terdiri atas Id millis, tanda @ dan domain milis. Id terdiri atas huruf, angka, titik serta garis bawah. id tidak boleh diawali dan aidakhiri dengan tanda baca. Domain milis merupakan nama situs yang menyediakan jasa milis gratis, ditulis tanpa menggunakan awalan WWW. Contoh alamat milis adalah : kotakmilis@yahoogroups.com. Kotak milis merupakan Id milis, sedangkan Yahoogroups.com merupakan domain milis.
Alamat mendaftar milis ditambahkan "-subscribe" pada id milis, contohnya : kotakmilis-subsribe@yahoogroups.com, alamat keluar keanggotaan milis ditambahkan dengan "-unsubscribe" pada Id milis, dan menjadi seperti ini : kotakmilis-unsubscribe@yahoogroups.com.

Istilah Istilah Pada penggunaan Milis

Berikut adalah istilah istilah yang umum digunakan pada penggunaan Milis
  1. Subscribe / join : artinya bergabung menjadi anggota milis
  2. Unsubscribe / Leave : Artinya keluar dari keanggotaan milis.
  3. Invite : Mengundang orang lain untuk bergabung ke milis.

Menggunakan Layanan Milis

- Bagaimana cara Membuat Milis

  1. Buka web browser kamu 
  2. ketik alamat situs penyedia jasa milis Seperti www.yahoogroups.com, anda ketik pada addres bar lalu enter.
  3. Klik sign in atau masuk
  4. Klik link Create a group
  5. Pilihlah letak kategori milis
  6. Klik tombol Place my group here
  7. Isi identitas milis pada formulir yang telah disediakan
  8. Lalu klik Continue

- Bagiaman mendaftar ke Milis ?

  1. Buka halaman untuk membuat email
  2. isi "to" dengan alamat pendaftaran milis
  3. Klik "send:
  4. buka email balasan
  5. Klik link konfirmasi yang telah didapat

- Bagaimana cara mengirim email ke Milis ?

  1. Buka halaman untuk membuat email
  2. isi "to" dengan alamat milis
  3. lalu klik "send"

- Bagaimana Keluar dari kenaggotaan Milis ?

  1. Buka halaman untuk membuat email
  2. Isi "to" dengan alamat keluar dari milis.
  3. Klik "send"
  4. Buka email balasan
  5. Klik link konfirmasi tersebut.
Sumber :  http://www.gerbangilmu.com/2015/01/bab-email-dan-mailing-list-tik-kelas-9-lengkap.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar