Rabu, 30 Maret 2016

Materi IPS Kelas 9 Tentang Benua dan Samudera

a.    Benua Asia
Sebagaian besar potensi alam di Benua Asia berupa pegunungan, seperti padi,gandum,kapas,teh,dan tebu. Tanaman-tanaman ini biasa ditemui disepanjang sungai besar dans ekitar oasis. Selain hasil pertanian, Benua Asia juga kaya akan bahan-bahan tambang. Bahan tambang banyak ditemukan dinegara Indonesia, seperti minyak bumi,batu bara,timah putih, dan nitrat. Batu bara merupakan bahan tambang yang banyak dihasilkan di Asia, yaitu negara Indonesia.
b.    Benua Afrika
Sebagian besar potensi yang dimiliki Benua Afrika dimanfaatkan untuk pertanian dan pertambangan. Benua Afrika kaya akan hasil pertanian, seperti jagung, kapas sorgum, gandum, kopi, tembakau. Hasil-hasil pertanian ini banyak ditemukan disepanjang Sungai Kongo, Sungai Nil, Sungai Zamberi, Sungai Orange, dan Sungai Niger. Selain hasil pertanian, Afrika juga kaya akan bahan-bahan tambang, yang banyak ditemukan di Zaire (seperti platina, emas, tembaga, dan mangan), dan Nigeria (seperti minyak bumi, batu bara, dan bijih besi).
c.     Benua Eropa
Sebagian potensi Benua Eropa dimanfaatkan untuk pertanian, pertambangan, dan perikanan. Hasil pertanian yang dihasilkan benua ini antara lain kentang, gandum, barli terigu, dan jagung, yang banyak ditemukan di sepanjang Sungai Rhone, Seine, Rheine, dan danau-danau. Hasil tambang seperti batu bara, bjih besi, dan bauksit banyak ditemukan di Inggris, Prancis, Jerman, dan Rusia. Adapun  Norwegia, Inggris, Irlandia, dan Rusia, dikenal sebagai daerah perikanan.
d.    Benua Amerika
Potensi Benua Amerika terutama dimanfaatkan untuk pertanian dan pertambangan. Hasil pertanian yang utama antara lain kapas, padi, kopi, pisang, dan gula. Daerah persebaran kapas antara lain Texas, Arkansas, Arizona, Oklahoma, dan Nevada. Daerah persebaran padi antara lain California, Lousiania, dan Carolina. Adapun daerah persebaran padi antara lain Guatemala, El Salvador, Columbia, dan Argentina. Hasil tambang yang utama antara lain batu bara, bijih besi, emas, perak,tembaga, dan minyak bumi
e.     Benua Australia
Potensi alam Benua Australia terutama dibidang pertenakan, dengan hasil utama wol, susu, dan daging. Dibidang pertanian, hasil utamanya adalah gandum.
f.       Benua Antartika
Benua ini tidak dihuni oleh manusia karena terdapat batangan es dan salju yang sangat luas dan dingin. Sebenarnya Benua Antratika kaya akan hasil tambang yang tertimbun dibawah es dan salju. Eksploitasi bahan tambang akan mengakibatkan es tersebut mencair dan mengenangi semua benua.
2.    Gambaran umum samudra
a)    Samudra Pasifik, merupakan samudra terluas didunia yang terbentang diantara Benua Asia dan Afrika disebelah timur, serta Benua Amerika disebelah barat. Nama Samudra Pasifik diberikan oleh Ferdinand Magellah (navigator portugis) karena penyebrangannya yang tenang di tahun 1521, seluas 165 km2 dan sekitar 16.000 km utara-selatan. Meliputi pula palung-palung samudra yang dalam, seperti Palung Marianas (sampai 11.0333 meter).
b)    Samudra Atlantik, membentang dari Benua Eropa sampai Benua Afrika disebelah timur, dan Benua Amerika disebelah barat. Dengan luas 82 juta km2, Samudra Atlantik merupakan samudra terbesar kedua setelah Pasifik. Memiliki punggung tengah-samudra yang naik sekitar 9.000 meter diatas dasar samudra. Letaknya secara kasar adalah utara-selatan. Wilayah ini merupakan hasil pemakaran dasar laut. Atlantik utara adalah jalur pelayaran samudra yang paling ramai didunia.
c)     Samudra Hindia, membentang dari Benua Australia disebelah timur, Benua Asia disebelah utara, dan Benua Afrika disebelah barat. Samudra Hindia adalah samudra terkecil diantara tiga samudra besar didunia. Luasnya 73 juta km2. Terletak disebelah utara khatulistiwa yang dipengaruhi muson.
Potensi alam yang terdapat disamudra, yaitu bidang perikanan. Hasil utamanya antara lain ikan, jerang, penyu, mutiara, rumput laut, dan garam. Selain itu, samudra juga bermanfaat sebagai sumber air hujan dan sarana transportasi laut.
B.    KAREKTERISTIK MASING-MASING BENUA
                   I.            Benua Asia
Benua Asia merupakan benua yang paling besar dan paling luas yang ada dibumi dibandingkan dengan benua-benua lainnya.
       i.            Letak astronomis dan geografis Benua Asia
Secara astronomis, Benua Asia terletak antara 11016’-77041’LU dan antara 26004’ BT-169040’BB. Benua Asia terletak diantara Benua Eropa dan Australia, serta diantara Samudra Hindia, samudra Pasifik, dan Samudra Atlantik. Luas seluruh wilayah Benua Asia adalah 43.998.920 km2. Adapun batas wilayah Benua Asia adalah sebai berikut :
·       Sebelah barat berbatasan dengan pegununga Ural, sungai Urai, pantai barat laut kaspia, Iran, Turki, Laut Hitam, Selat Bosporus, Selat Dardanella, Luat Tengah, terusan Suez, dan Laut Merah.
·       Sebelah timur berbatasan dengan Samudra Pasifik
·       Sebelah utara berbatasan dengan Samudra Arktik dan selat Bering.
·       Sebalah se;atan berbatasan dengan Samudra Hindia.
     ii.            Bentang alam
Bentang alam Benua Asia terdiri atas relief sebagai berikut
ü Pegunungan yang intinya dikenal dengan nama pegunungan Himalaya, dengan puncak tertinggi Gunung Everest (8.848 m).
ü Pegunungan (darataran tinggi), yang terdapat di Semenanjung Arab, sepanjang Laut Merah dan Teluk Aden, di India Dataran Tinggi Dekan, dan Sri lanka (pegunungan tujuh Dara dan gunung Pidurutalaga,    2.538 m)
ü Dataran rendah yang terhampar di kawasan aliran Sungai Ob, Sungai Yenesei (Uni Soviet), sungai Huang (atau Sungai Kuning), Sungai Yangtse (Cina), sepanjang aliran sungai Idrus dan Sungai Gangga (Pakistan dan India), semenanjung Malaya dan Indonesia.
ü Daerah-daerah depresi, berupa Laut Kaspia, Danau Aral, Danau  Baikal, dan Danau Balkash
ü Sungai-sungai besar, Sungai Ob, Sungai Yangtse, Sungai Huang, Sungai Amur, Sungai Lena, Sungai Mekong, Sungai Yenisei, Sungai Indus, dan Sungai Gangga.
  iii.            Iklim
Ø Asia Utara
Wilayah Asia Utara, khususnya Siberia beriklim kontinental-kutub dengan ciri-ciri sebagai berikut
*   Musim dingin berlangsung lama
*   Musim panas berlangsung singkat
*   Curah hujan terbanyak jatuh didataran rendah seputar muara Sungai Amur (1.016 mm per tahun), jatuh pada musim panas, yang dibawa oleh angin pasat tenggara dari Laut Jepang.
Ø Asia Barat (Asia Timur Tengah)
Wilayah Asia Barat didominasi iklim tropis atau subtropis gurun dengan ciri-ciri sebagai berikut
*   Beriklim mediteran, terutama di Iran Utara, pesisir Laut Tengah Suriah, dan Israel. Curah hujan dikawasan ini berkisar antara 508 mm-1.016 mm per tahun, yang jatuh pada musim dingin.
*   Irak,Iran Selatan,Afganistan,sepanjang pantai Yaman,Aden, dan Oman, memperoleh curah hujan 101 mm-508 mm pertahun, yang dibawa oleh angin muson dari Samudra Hindia pad musim panas.
*   Gurun Arab menerima hujan 20 mm-101 mm per tahun.
Ø Asia Kecil (Asia Minor)
*   Beriklim subtropis mediteran, terutama didaerah semenanjung yang berbatasan dengan laut atau selat. Diwilayah ini hujan paling banyak jatuh pada bulan Juli (279 mm per tahun).
*   Beiklim semiarid (stepa), terutama diwilayah tengah semenanjung.
Ø Asia Timur
Sebagian nesar wilayah Asia Timur beriklim subtropis, sengan ciri-ciri sebagai berikut.
*   Beriklim subtropis-basah didaerah pesisir, pulau,dan kepulauan.
*   Banyak dipengerahui angin muson tenggara dari Samudra Pasifik.
Ø Asia Tengah
Asia bagian tengah beriklim darat, terutama disekililing Gurun Gobi. Ciri iklim diwilayah ini adalah sebagi berikut.
*   Hujan paling banyak jatuh pada musim pans (Juli) di Cina bagian selatan, Jepang Selatan, Pulau Taiwan, Pulai Hainan, dan Semenanjung Korea (lebih dari 2.032 mm per tahun).
*   Curah hujan berkaisar antara 508 mm-1.016 mm per tahun dipesisir timur sekeliling Laut Kuning.
*   Makin ke pedalaman, hujan makin sedikit  (Gurun Gobi dan daerah sekitarnya hanya mendapat curah hujan 2 mm-102 mm per tahun).
Ø Asia Selatan dan Asia Tenggara
Kedua kawasan ini memiliki ciri sebagai berikut
*   Beriklim tropis basah, dengan curah hujan 2.032 mm per tahun.
*   Hujan terbanyak dan berlangsung sepanjang tahun tercatat di daerah Cherrapunji (Provinsi Assam) di India, yaitu 11.000 mm per tahun. Curah hujan ini dibawa oleh angin muson barat daya dari Teluk Benggala.
   iv.            Flora dan Fauna
Flora yang tumbuh di Benua Asia cukup bervariasi. Hutan paling luas di dunia, yang menjadi sumber kayu, terutama bagi Uni Soviet, terdapat dibagian selatan. Didataran Asia Tengah yang kering hidup jenis rumah yang banyak digunakan untuk makanan ternak. Di Asia Timur terdapat tanaman bernilai tinggi, seperti kayu (untuk bahan bangunan dan kertas) dan pohon buah-buahan. Selain itu, kawasan Asia Tenggara menghasilkan tanaman untuk konsumsi ekspor, antara lain karet,kelapa,pala,kayu jati,teh, dan bambu. Asia Selatan dan Asia Tenggara banyak memiliki satwa liar, diantaranya berbagai jenis kera dan burung tropis.
     v.            Penduduk
Asia merupakan benua yang paling tinggi jumlah penduduknya. Sekitar 63% penduduk dunia terdapat di Asia. Jumalh penduduk Asia pada tahun 1999 mencapai 3.637 miliar jiwa dengan rata-rata pertumbuhan 1.5%. PBB memperkirakan penduduk Asia pada tahun 2010 akan mencapai 4.206 miliar jiwa dan pada tahun2025 akan menjadi 4.923 miliar jiwa.
                 II.            Benua Afrika
Afrika merupakan benua yang besarnya nomor dua setelah Benua Asia, sedangkan berdasarkan kepadatan penduduknya, nomor tiga setelah Benua Asia dan Eropa.
Ø Letak Astronomi dan Geografis Benua Afrika
Secara astronomi, Benua Afrika terletak antara 380LU-350LS dan antara 170BB-510BT. Secara geografi, Benua Afrika diapit oleh Samudra Hindia dan Samudra Atlantik. Adapun batas wilayah Benua Afrika adalah sebagai berikut.
ü Sebelah utara berbatasan dengan Laut Tengah, Terusan Suez, dan Laut Merah.
ü Sebelah selatan dan barat berbatasan dengan Samudra Atlantik.
ü Sebelah timur berbatasan dengan Samudra Hindia.
Ø Bentang Alam
Benua ini terentang sekitar 8.000 km dari Tanjung Bon di Tunisia sampai Tanjung Agulhas di Afrika Selatan dan sekitar 7.400 km dari Cape Verde di Afrika Barat sampai Tanjung Guardafui di Somalia. Dataran Afrika terdiri atas pegunungan tinggi, daerah gurun, lembah, dan daerah depresi. Di Afrika bagian utara terdapat gurun yang terluas didunia, yaitu Gurun Sahara. Sungai-sungai yang terdapat dibenua ini antara lai n Sungai Nil yang merupakan sungai terpanjang didunia.
Ø Iklim
Secara umum, iklim di Afrika dibedakan sebagai berikut.
ü Beriklim tropis, meliputi daerah Afrika Tengah sekitar khatulistiwa.
ü Beriklim subtropis, meliputi daerah paling selatan benua dan bagian utara benua (sekitar Pantai Laut Tengah).
ü Beriklim darat atau iklim gurun, meliputi daerah Afrika Utara bagian tengah yang merupakan daerah bayangan hujan.
Ø Flora dan Fauna
Tumbuhan-tumbuhan di Afrika dapat dikelompokan atas:
ü Tumbuhan dataran tinggi
ü Hutan hujan tropis
ü Padang rumput (berupa stepa atau sabana).
Beberapa jenis tumbuhan khas Afrika antara lain papirus, akasia, kurma, keluarga uphorbiaceae, sidang hutan, dan sebagainya. Jenis fauna  Afrika antara lain gajah, kera ekor panjang, zebra, badak becula, hiene bergaris, jerapah addox, okapi, trenggiling, binatang bersisik, burung kasuari, dan sebagainya.
Ø Penduduk
Pada tahun 2000 jumlah penduduk Benua Afrika mencapai 800 juta jiwa atau sekitar11% dari seluruh penduduk dunia. Rata-rata pertumbuhan penduduk masih sangat tinggi, yaitu 2,9% per tahun. PBB memperkirakan tahun 2010, jumlah pendudukbakan meningkat menjadi 979 juta jiwa dan tahun 2025 menjadi 1.290 miliar jiwa.
              III.            Benua Eropa
Eropa sebenernya merupakan Semenanjung Asia, tetapi karena bentuk, kebudayaan, dan perannya dalam bidang perdagangan cukup besar, Eropa dianggap sebagai sebuah benua tersendiri.
Ø Letak Astronomi dan Geografis Benua Eropa
Daratan Eropa bersatu dengan daratan Asia, yang dinamakan eurasia. Daratan Benua Eropa terletak dibelahan bumi utara mendekati kutub utara (arktik). Secara astronomis, Benua Eropa terletak antara 360LU-710LU dan antara 9027’BB-66020’BT. Luas dataran Eropa adalah 27.273.727 km2, atau sekitar seperempat belas luas daratan dibumi,dan menduduki peringkat ke-2 setelah Benua Australia. Adapun batas wilayah Benua Eropa adalah sebagai berikut
ü Sebelah utara berbatasan dengan Samudra Arktik.
ü Sebelah selatan berbatasan dengan Laut Tengah, Laut Hitam, dan Laut Kaspia.
ü Sebelah barat berbatasan dengan Samudra Atlantik
ü Sebelah timur berbatasan dengan Benua Asia.
Ø Bentang Alam
ü Perisai Baltik, kawasan ini terdiri dari atas empat perisai bantuan tua, yaitu
(a)      Perisai Fenoskandia
(b) Pegunungan Skotlandia
(c)       Pembukitan Irlandia barat laut
(d) Pulau Eslandia
ü Dataran Raya Eropa, kawasan ini meliputi Prancis, Belgia, Belanda, Jerman Utara, Denmark, dan sebagian Polandia.
ü Dataran Tinggi Tengah, merupakan plato atau dataran tinggi yang terpotong-potong oleh Dataran Raya Eropa.
ü Pegunungan Lipatan Muda Alpen, kawasan ini meliputi Pegunungan Alpen dan kelompok Pegunungan Mesditeran.
ü Dataran Rusia, permukaannya ditutupi lapisan tanah loss, yang baik untuk tanaman gandum.
Ø Iklim
Sebagian besar Eropa memiliki iklim yang relatif sejuk. Kecuali di utara dan timur, musim dingin tidak keras, musim panas umumnya hangat, dan curah hujan yang melimpah serta merata.
Ø Flora dan Fauna
Iris,asphodel,lili, dan tanaman berumbi lainnya tumbuh di daerah mediterania. Binatang –binatang seperti banteng,ibeks,bison,dan kijang merupakan salah satu fauna yang dilindungi.
Ø Penduduk
Sampai dengan tahun 2001, jumlah penduduk yang mendiami dataran Eropa mencapai 778juta jiwa. Jumlah ini lebih kurang 14% dari jumlah penduduk dunia. Tahun 2010 nanti diperkirakan Eropa akan berpenduduk 731 juta jiwa dan tahun 2025 menjadi 718 jiwa.
             IV.            Benua Amerika
Benua Amerika ini merupakan suatu massa daratan yang sangat besar dibelahan bumi bagian barat yang terkadang disebut Dunia Baru.
Ø Letak Astronomis dan Geografis Benua Amerika
Secara astranomis, Benua Amerika terletak antara 720LU-590LS  dan antara 1630BB-360BB. Benua ini terletak antara Samudra Atlantik dan Samudra Pasifik, dan antara Laut Arktik dan Samudra Pasifik. Amerika merupakan benua terbesar kedua setelah Asia dengan luas 42.188.586,5 km2. Adapun batas wilayah Benua Amerika adalah sebgai berikut
ü Sebelah utara berbatasan dengan Laut Es Utara (Arktik).
ü Sebelah barat dan selatan berbatasan dengan Samudra Pasifik.
ü Sebalah utara berbatasan dengan Samudra Atlantik.
Ø Bentang alam
Benua Amerika terdiri atas dua bagian besar, yaitu Amerika Utara dan Amerika Selatan dengan Amerika Tengah sebagai penghubungnya. Puncak-puncak tertinggi dibenua ini antara lain Gunung Aconcagua diperbatasan Chili dan Argentina. Dataran rendah di Amerika Utara maupun di Amerika Selatan terdapat dibagian tengah. Dataran rendah di Amerika Selatan terletak dijalur-jalur airan Sungai Amazon dan Sungai Parana (Argentina).
Ø Iklim
Iklim di Benua Amerika bervariasi, namun ada pula iklim-iklim yang dominan, seperti:
1)    Iklim subarktik di Alaska dan Kanada Utara
2)    Iklim darat disekitar danau-danau besar
3)    Iklim tropis di Brazilia (Amerika Serikat)
4)    Iklim subtropis disekitar Tanjung Kennedy, daratan rendah Mississippi, dan daerah rendah Sungai Parana
5)    Iklim semi gurun dan iklim gurun di Nevada Basin Gurun Atacama (Chili Barat) dan Gurun Patagonia (Argentina Selatan)
6)    Iklim laut disepanjang pesisir Samudra Pasifik, terutama dipantai Chili bagian barat, Alaska Selatan, dan Kanada Barat.
7)    Iklim pegunungan di sepanjang Pegununggan Andes Tengah dan Sierra Madre Occidental.
Ø Flora dan Fauna
Satwa liar asli di Amerika Utara banyak yang telah musnah. Semula, daerah ini dihuni bison dan kuda liar (mustang), tetapi sekarang telah musnah. Yang tersisa adalah kelinci liar dan beberapa spesies ular, diantaranya ular derik yang sangat berbisa. Karabia, mulai dari Meksiko Selatan sampai panama memiliki hutan hujan tropis denagn pepohonan yang hijau sepanjang tahun dan berdaun lebar.
Ø Penduduk
Berdasarkan data kependudukan tahun 2000, Benua Amerika memiliki penduduk sekitar 815 juta jiwa.
                V.            Benua Antartika
Ø Letak Astronomis dan Geografis Benua Antartika
Secara astronomis, Benua Antartika terletak antara 520LS-900LS. Benua Antartika merupakan benua yang terletak di sekitar Kutub Selatan. Bentuk wilayah Antartika berupa sebuah cembungan permukaan bumi, dengan luas sekitar 13.209.000 km2. Benua ini tidak  berpenghuni. Benua Antartika dibatasi oleh tiga samudra utama, yaitu Samudra Pasifik, Samudra Atlantik, dan Samudra Hindia.
Ø Bentang Alam
Benua ini hampir seluruhnya tertutup es dan salju yang mencapai ketebalan 2.440 m. Antartika terbagi menjadi dua bagian pegunungan Transantartika, yaitu Antartika timur dan Antartika barat. Antartika memiliki gunung dan deretan pegunungan, antara lain Gunung Vinson, Gunung Kirkpatrick, Gunung Markham, dan Gunung Jaskson.
Ø Iklim
Iklim Antartika merupakan kombinasi dari tiupan angin kencang, udara yang amat dingin, dan badai salju. Bulan Juni merupakan puncak musim dingin dengan suhu dibawah 400c dan dipedalaman turun sampai -700c. Musim panas terjadi pad bulan Desember dan suhu rata-rata berada dibawah titik beku.
Ø Flora dan Fauna
Jenis flora yang mampu hidup dikawasan Antartika adalah sejenis lumut dan ganggang. Fauna yang mampu hidup diAntartika antara lain pinguin, anjing laut, dan ikan paus.
 
Sumber :  http://luluizzatulwirdah.blogspot.co.id/2015/02/blog-post.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar