Rabu, 30 Maret 2016

Materi Penjaskes Kelas 9 Tentang Softball

Permainan softball diciptakan oleh George Hansock (Amerika Serikat) dan dimainkan pertama kali di 
permainan softballChicago.Peraturan permainan dibuat oleh Lewis Robert tahun 1906 dan pada tahun 1916 diperbaiki oleh Matthew. Pada tahun 1930, ada perubahan permainan dari indoor ke outdoor oleh H. Fischer dan M.J. Ponley. Pada tahun 1968, permainan softball diperkenalkan di Asia, ketika dilakukan kejuaraan di Manila. Softball pertama kali dipertandingkan di Indonesia pada PON VII di Surabaya tahun 1969.

 

Peraturan Permainan Softball

a. Lapangan Softball

Lapangan softball berbentuk segi empat, panjang setiap sisinya 16,76 m. Ukuran lapangan softball adalah sebagai berikut.peraturan permainan softball
  1. Panjang setiap sisinya 16,76 m.
  2. Jarak dari home base ke tempat pelempar adalah 13,07 m.
  3. Tempat pelempar berdiri (pitcher plate), berukuran ± 60 × 15 m.
  4. Permainan softball mempunyai tiga tempat hinggap pelari yang disebut base. Base terdiri atas base I, II, dan III, sedang base IV langsung dilewati. Base IV merupakan tempat untuk memukul (home base). Setiap base terbuat dari karet atau kanvas yang merupakan bantalan, dengan ukuran masingmasing base 38 × 38 cm dan tebal 5-12,5 cm, kecuali home base berukuran 42,5 × 21,5/22 cm sisi puncaknya berukuran 30 cm.
  5. Perpanjangan garis dari home base ke base I dan II disebut garis batas/sektor, gunanya untuk menentukan bola itu jatuhnya di dalam atau di luar garis batas.

Perlengkapan Pemain Softball

Setiap tim harus menggunakan seragam softball dan topi yang bernomor, serta alat lain untuk penjaga. Perlengkapan untuk para penjaga, antara lain:perlengkapan permainan softball
  1. Pemain penjaga memakai glove (semacam sarung tangan) yang terbuat dari kulit agak tebal, berukuran 38 × 38 cm dan beratnya 283 gram. Untuk penjaga belakang atau Catcher, selain memakai glove juga mengenakan pelindung muka atau kepala yang disebut masker/face mark dan pelindung badan yang disebut body protector.
  2. Bola terbuat dari kulit yang di dalamnya terdiri atas campuran gabus dan karet. Lingkaran bola 30 cm dan berat bola 190 gram.
  3. Alat pemukul atau stick yang dipakai harus sesuai dengan ketentuan yang dikeluarkan oleh PB PERBASASI yang panjangnya tidak lebih dari 40 cm.

Cara-cara Bermain Softball

a. Peraturan permainan softball

Peraturan permainan softball, meliputi:
  1. Jumlah pemain dalam satu regu terdiri atas 9 orang.
  2. Pertandingan dipimpin oleh wasit, di setiap base ditempatkan seorang pembantu wasit (umpire) yang disebut base umpire.
  3. Lamanya permainan ditentukan oleh inning, yaitu sebanyak 7 inning. Adapun yang dimaksud satu inning adalah setiap regu bermain sekali giliran memukul dan sekali giliran menjaga.

b. Permainan softball

  1. Untuk menentukan siapa yang menjadi regu penjaga (home team/HT) dan siapa regu pemukul (visiting team/VT) harus dilakukan undian (toss) dengan uang logam.
  2. Permainan dilakukan sebanyak tujuh inning. Untuk pertandingan antarsekolah dapat dibatasi dengan waktu 1½ jam, tetapi dengan catatan sesudah mencapai 5 inning penuh (perjanjian setempat).
  3. Apabila suatu regu tidak datang di lapangan pada waktu bertanding, regu tersebut dinyatakan kalah, dan regu yang menang dapat nilai 7- 0.
  4. Nilai tidak dihitung jika terjadinya bersamaan dengan terjadinya out yang ke-3 di first base atau di katuk di tempat lain (sebelum mencapai base).

c. Pitching

  1. Pitcher harus berdiri di pitcher’s plate atau kedua kaki cukup menyentuh plate dengan tumit ujung kaki.teknik dasar permainan softball
  2. Pitcher harus menghadap ke batter.
  3. Pitcher harus memegang bola jika akan melakukan pitching dan harus di depan badan.
  4. Pada waktu melakukan pitching, pitcher hanya boleh melangkah satu langkah ke depan/ke arah batter dan gerakan harus simultan.
  5. Putaran lengan hanya satu kali (ke belakang).
  6. Pitcher hanya boleh menahan bola selama 30 detik.
  7. Antarkotak bola dengan glove paling cepat 2 glove.
  8. Pelanggaran terhadap ketentuan-ketentuan tersebut di atas oleh pitcher, dinyatakan ilegal pitch (tidak sah),
  9. Jika terjadi ilegal pitch, bola dinyatakan mati, pelari dari base maju satu base, pemukul (batter) memperoleh tambahan bola.

d. Batting

  1. teknik permainan softballPemukul harus berdiri di dalam batter’s box, sebab jika salah satu kaki keluar dari batter’s box pada waktu pemukul bola dan kena, baik fair ball maupun foul ball, maka dinyatakan mati (out).
  2. Pemukul harus sesuai urutan pemukul atau harus sesuai dengan daftar pemain yang ada di panitia.
  3. Apabila terjadi out ke-3 (mati ke-3) pada waktu seorang batter belum menyelesaikan gilirannya maka dia akan menjadi pemukul pertama pada inning berikutnya.

e. Strike

Strike dinyatakan kepada batter, apabila:
  1. Pemukul berhasil atau tidak berhasil memukul bola dari pitcher yang masuk strike zone maupun yang tidak termasuk strike zone; apabila hal itu terjadi pada strike III dan ditangkap catcher, batter, dinyatakan out. Atau jika kurang dari 2 out, bola dilepaskan oleh catcher dan first base ada pelari, batter dinyatakan out.
  2. Foul tape yang ditangkap catcher.
  3. Foul ball yang terjadi sebelum pukulan ke-3 dan tidak tertangkap oleh fielder (penjaga).
  4. Bola dari pitcher yang dipukul oleh batter tetapi tidak kena.

f. Sliding

Sliding, yaitu berhenti pada suatu base sambil mengerem dengan cara menjatuhkan badan ke muka atau ke belakang agar sukar di-tick.

g. Mematikan lawan (men-tick)

Pelaksanaannya:permainan bola kecil softball
  1. Tick sebelum pelari sampai di base (bola tidak boleh dilepas oleh penjaga).
  2. Jika seorang berlari menuju suatu base maka cukup membakar atau menginjak base yang akan dituju pelari.
  3. Regu pemukul dinyatakan tiga kali mati, maka diadakan pertukaran posisi jaga.

h. Cara mendapatkan angka dalam permainan softball

Pelaksanaannya:
  1. Setiap pelari dengan pukulan yang baik dan dapat kembali melampaui home base mendapatkan nilai 1 (satu), pemain tetap ada di base (tidak keluar).
  2. Bola dipukul melambung, langsung dinyatakan mati serta pelari lain harus kembali ke base yang semula ditempati agar tidak dibakar basenya, pelari yang kembali dapat di-tick.
  3. Home run, terjadi apabila bola yang dipukul tidak dapat ditangkap, dengan nilai 2.

Beberapa Hal Penting dalam Permainan Softball

Berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan dalam permainan softball, yaitu:
  1. Terjadi masalah di lapangan, jika ada pemain yang melakukan gerakan yang salah pada saat melambungkan bola atau ada pemain mengganggu.
  2. Apabila terjadi angka seri sampai inning 7 maka pertandingan dilanjutkan dengan inning, dan jika masih seri serta kondisi tidak memungkinkan maka pertandingan diulang.
  3. Tim yang menolak bermain pada waktu yang sudah ditentukan atau play ball maka dinyatakan kalah 7–0.
  4. Time out 1 kali setiap inning selama 1 menit.

Faktor Keselamatan Permaian Softball

Untuk faktor keselamatan beberapa hal yang harus diperhatikan dalam permainan softball, yaitu:
  1. Setiap tim berpakaian softball dan cap. Di depan pakaian dituliskan nama daerah atau klub, sedangkan di belakang nomor punggung.
  2. Pemain penjaga memakai sarung tangan (glove) yang dibuat dari kulit agak tebal dengan ukuran ± 283,33 gram. Untuk pemain belakang atau catcher dilengkapi juga pelindung muka (face masker), pelindung kepala (head masker), dan pelindung badan (body protector).
  3. Pemukul (stick) sesuai dengan ketentuan yang dikeluarkan oleh PB Perbasasi, yaitu kayu dengan panjang ± 40 cm.
  4. Bola dibuat dari kulit berwarna putih dengan ukuran berat ± 190 gram dengan keliling bola 30 cm.

Bermain Softball dengan Peraturan Sederhana

Pelaksanaannya:
  1. Jumlah pemain 9 orang.
  2. Ukuran lapangan persegi panjang.
  3. Pemukul lebih kecil (pemukul kasti).
  4. Bola menggunakan bola tenis.
  5. Tiap bermain ada penjaga dan ada yang memukul.
  6. Setelah memukul bola, siswa berlari ke base 1, 2, 3, dan kembali ke base 4.
  7. Nilai 1 untuk pemain yang sudah menempuh base 1, 2, 3, dan 4.
  8. Nilai 2 untuk home run.
  9. Lamanya permainan 1 inning ± 30 menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar